Formulir Kontak

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Name

Email

Message

Wisata Rohani Masjid Tiban Turen Malang


Berwisata tidak meski harus di lokasi alam-alam atau wahana namun ada di antara tempat religi yang dijadikan lokasi untuk berwisata. Wisata religi dapat jadi liburan yang nuansanya beda. Tau nggak nawak machan?, Kota Malang mempunyai wisata religi yang lumayan populer yaitu Masjid Tiban di wilayah Turen. Masjid Tiban ini mempunyai arsitektur yang unik, dan sebenarnya masjid ini ialah bagian dari Pondok Pesantren Salafiyah Biharu Bahri Asali Fadlair Rahmah. Lokasi dari masjid ini terletak di Jl. KH Wahid Hasyim, Gang Anyar RT 27 RW 06 Desa Sanarejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.


Masjid Tiban ini juga mempunyai julukan lain, yaitu masjid ajaib. Namun dinamakan masjid ajaib bukan sebab masjid ini hadir secara tiba-tiba tanpa ada yang membangunnya, yang seperti disebutkan oleh orang-orang. Tapi sebab masjid ini sungguh mempunyai desain bangunan dan model arsitetktur yang paling unik, bertolak belakang dengan masjid lainya. Bentuknya sangat indah dengan segala modelnya yang ala Timur Tengah. Didirikanya bangunan ini pada tahun 1963.

Dan pada tahun 1978 bangunan masjid ini perlahan-lahan diperbanyak bangunan baru, sampai menjadi bangunan masjid semegah ini. Dapat disaksikan dari sebelah luar yang nuansa masjidnya diisi dengan warna biru dan putih. Bangunan masjid ini mengangkat konsep konservasi, sehingga format bangunan tak merubah posisi tanah dan tidak menebang pohon yang terdapat disekitarnya.

Bangunan masjid ini mempunyai beberapa bangunan menara dengan ujungnya yang cuukup lancip dan didominasi dengan warna biru tua, dengan bangunan utamanya yang mempunyai 10 lantai. Pesantren dengan luas 4 hektar ini pun mempunyai bangunan pendopo dan terdapat pula kolam yang dilengkapi oleh perahu dan boleh dinaiki wisatawan anak-anak. Bagi yang masuk Masjid Tiban ini tidak dikenakan duit karcis alias gratis, namun harus membayar parkir, yakni parkir motor Rp. 2000 dan mobil Rp.5000.

Ayo tunggu apalagi, pasti nggak nyesel andai nawak machan berwisata ke Masjid Tiban ini. 

No comments:

Post a Comment

Scroll to top