Formulir Kontak

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Name

Email

Message

Kampung Wisata Jodipan, Destinasi Rumah Warna-Warni di Kota Malang


Manisa Travel - Inilah salah satu tujuan wisata yang ada di Malang yang menjadi idola dan tujuan wajib bagi semua wisatawan. Destinasi ini berupa dusun wisata yang menarik dengan desain warna-warninya yang memiliki spot-spot unik untuk berfoto.

Kampung ini adalah Kampung Wisata Jodipan, dusun wisata yang pertama di Kota Malang yang sederetan lokasinya adalah tempat tinggal warga di ambang Sungai Brantas yang memperlihatkan dinding ragam warna yang tidak monoton. Kampung ini terletak di Jodipan berada di ambang Sungai Brantas. Kampung Wisata Jodipan ini seringkali dijuluki Kampung Tridi atau Kampung Warna Warni.

Sejarah Kampung
Kampung wisata ini adalah yang pertama kali digagas delapan mahasiswa jurusan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang diketuai Nabila Firdausiyah. Sekelompok mahasiswa ini menggandeng program corporate social responsibilities perusahaan cat guna mewujudkan dusun tersebut. Mereka tadinya mendapatkan tugas praktikum Public Relations 2 dari dosen,kemudian sekelompok ini yang tergabung dalam Guys Pro-lah yang memiliki gagasan brilian guna menyulap area kumuh ini menjadi banyak warna.

Selanjutnya, pada 4 September 2016, Kampung Wisata Jodipan itu diresmikan langsung oleh Walikota Malang, H. Mochamad Anton didampingi Forkopimda Kota Malang, Ketua TP PKK Kota Malang dan Sekretaris Daerah Kota Malang. Di samping itu muncul juga Vice President PT Indana Paint, Steven A Sugiharto serta GuysPro selaku pencetus dusun warna-warni ini.


Destinasi foto-foto
Kampung Wisata Jodipan bertempat di RT 06, 07, dan 09, RW 02, Kelurahan Jodipan Kota Malang dan terletak di bantaran Sungai Brantas. Keberadaan dusun ini diharapkan bisa menjadi area wisata baru di kota Malang guna berburu potret selfie. Warna-warni ini diharap bisa menarik lebih banyak orang untuk mendatanginya.

Pada tahun 2017, jembatan kaca yang dianggap menjadi jembatan kaca yang pertama di Indonesia ini sudah secara resmi dimulai oleh pemerintah Kota Malang. Peresmian jembatan kaca Ngalam Indonesia dihadiri langsung oleh Wali Kota Malang Mochamad Anton, Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Fauzan, serta Vice President PT Inti Daya Guna Aneka Warna (Indana) Steven Antonius Sugiharto.

Kehadiran jembatan kaca ini semakin menambah pesona Kampung Jodipan dan Kampung Tridi sebab pengunjung kini dapat ber-selfie ria di atas jembatan kaca ini.

Konstruksi jembatan kaca Ngalam Indonesia ini dirancang oleh dua mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), yakni Mahatma Aji dan Khoriul di bawah binaan Ir. Lukito Prasetyo. Kedua mahasiswa itu pernah menjadi Juara Umum Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia Tahun 2015.

Sedangkan untuk pembangunan jembatan difasilitasi oleh PT Indana yang perusahaan cat asal Malang. Pembangunan jembatan ini dilaksanakan sejak 8 Juni 2017 dan rampung 25 September 2017 dengan pelajaran bahan yang telah teruji kekuatannya.



Lokasi Kampung Wisata Warna Warni Malang:

Gang 1, Jodipan, Blimbing, Kesatrian, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur 65126

No comments:

Post a Comment

Scroll to top