Formulir Kontak

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Name

Email

Message

Wisata Coban Talun Malang Nan Indah

Coban Talun - adalah objek wisata yang memungkinkan Anda untuk menemukan berbagai wahana yang cocok untuk wisatawan. Objek wisata ini adalah salah satu tujuan wisata favorit di kota wisata Batu, Malang, yang menggabungkan wisata alam dan pariwisata buatan untuk harga.
Wisata Coban Talun Malang Nan Indah
Wisata Coban Talun Malang Nan Indah

Terletak di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, udara di Coban Talun sangat sejuk dan indah. Coban Talun menyajikan pemandangan air terjun yang indah, dan berbagai wahana yang dapat dinikmati oleh pengunjung. 
Objek wisata air Coban Talun tidak hanya menawarkan pemandangan air terjun yang indah, tetapi juga memiliki tempat yang dapat digunakan sebagai tempat untuk foto-foto yang indah dan menarik, seperti Apache Camp, Pagupon Camp, Flower Gardens, dan Giant Sunflowers.
Alamat Coban Talun
Lokasi wisata air terjun Coban Talun terletak di lereng Gunung Arjuna, tepatnya berada di Tulungrejo Ds, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Malang.
Tempat ini berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Malang. Untuk sampai ke lokasi, dibutuhkan sekitar satu jam untuk mengemudi.
Air terjun ini, yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter, memiliki penampilan yang eksotis dan merupakan tempat wisata yang dapat Anda nikmati bersama, keluarga dan juga di akhir pekan.
Dari area parkir, lokasi air terjun sekitar 1 kilometer dan Anda harus pergi terlebih dahulu di daerah perbukitan, dan melalui jembatan Asmara. Jika Anda terlambat, ada banyak tempat untuk tinggal di tempat ini, seperti Apache Camp, dan Pagupon.
Rute Coban Talun

Perjalanan menuju ke lokasi dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Tiba di akhir pekan, jalanan menuju ke Coban Talun akan menjadi sangat ramai karena di sekitarnya juga terdapat wisata Batu lain seperti Museum Angkut, dan Jatim Park.
Rute menuju ke Coban Talun bila dari kota Malang, Anda bisa melalui jalan Selecta-Cangar. Sedangkan bila dari kota Surabaya, Anda bisa lewat Mojokerto dengan mengambil jalur arah Cangar-Trawas.
Sementara bagi Anda yang ingin menggunakan kendaraan umum harus naik sebanyak 3 kali, bisa mulai dari terminal Arjosari, naik Angkutan menuju terminal Landungsari, dilanjutkan dengan naik angkutan warna pink menuju terminal Batu. Dan terakhir naik angkutan warna pink tujuan Coban Talun, turun di depan gerbang masuk obyek wisata tersebut.
Harga Tiket Masuk Coban Talun

Harga tiket masuk di pintu gerbang Coban Talun sebesar Rp 10.000 per orang (belum termasuk parkir). Untuk masuk ke wahana di Coban Talun, pengunjung harus mengeluarkan uang tambahan untuk membeli tiket sebesar Rp 5.000 per orang.
Fasilitas wisata di Coban Talun cukup lengkap, mulai dari area parkir yang luas, kantin, balai serbaguna, hingga mushola. Ada juga jasa rafting yang disediakan oleh pihak pengelola di tempat ini namun lokasinya memang agak jauh.
Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa menikmati suasana lingkungan wisata yang nyaman dan aman. Wisatawan juga dapat merasakan serunya naik motor trail berjenis ATV (beroda empat) untuk berkeliling di sekitar lokasi Coban Talun.
Mitos Coban Talun

Nah, di beberapa spot wisata air terjun Coban Talun juga banyak mitos-mitos menarik dan romantis yang menarik untuk ditelisik. Salah satunya adalah mitos Jembatan Asmara, yaitu jembatan sepanjang 14 meter dan lebar 1 meter yang menghubungkan area check point dengan air terjun.
Jembatan ini terbuat dari kayu dan bambu. Konon, sepasang kekasih yang dapat melintasi jembatan tersebut bersama-sama, hubungannya akan ‘langgeng’ dan tahan lama.
Oleh karena itu, banyak pengunjung yang merasa tertarik untuk coba melintasinya bersama pasangan.
Alkisah, dulunya jembatan tersebut adalah tempat bertemunya pangeran dari Kerajaan Kediri, Jaya Nalendra dengan Dewi Seruni. Dari pertemuan tersebut, sang pangeran dengan Dewi Seruni akhirnya jatuh cinta dan menjalin kasih hingga akhir hayatnya.
Apa Saja Wahana Wisata yang Ada di Coban Talun?
Selain wisata air terjun, wisatawan juga dapat memilih berbagai wahana hiburan yang menarik, mulai dari Kebun Bunga, wahana Apache, hingga kampung Pagupon.
1. Kebun Bunga Coban Talun
Wahana ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai kebun bunga. Ada banyak jenis bunga dengan berbagai warna yang indah. Tempat sangat cocok bagi Anda yang ingin berfoto dengan latar bunga, kebun dan juga pepohonan hutan.
2. Wahana Apache Coban Talun
Tempat ini merupakan wahana kampung dan budaya Indian dari suku Apache. Terdapat beragam rumah Indian, kantin, aksesoris, hingga atribut-atribut menarik dari suku Apache di wahana ini.
3. Rumah Pagupon Coban Talun
Pagupon merupakan istilah dalam bahasa Jawa yang artinya sangkar burung merpati. Pengunjung dapat menginap di rumah-rumah berbentuk pagupon yang ada di tempat ini dengan fasilitas berupa satu kamar tidur, dan kamar mandi.
Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Coban Talun? Nikmati keindahan alam air terjun pegunungan dengan beragam wahana wisata yang seru di tempat ini. 

No comments:

Post a Comment

Scroll to top