Formulir Kontak

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Name

Email

Message

Misteri Di Balik Keindahan Pantai Balekembang

Travel Juanda Malang - Konon, dulunya orang yang kesatu membuka hutan yang melingkupi lokasi Pantai Balekambang mempunyai nama Syaikh Abdul Jalil, seorang ulama yang berasal dari Yogyakarta. Saat beliau wafat, beliau dimakamkan di lokasi dekat Pantai Balekambang yang bertempat kurang lebih 1 kilometer jauhnya. Saat bulan Muharram/Suro, makam beliau ramai diziarahi oleh umat muslim yang datang dari sekian banyak  daerah. Jasa beliau ini diingat oleh masyarakat sekitar sampai-sampai menjadikan makam beliau disucikan dan menjadi di antara wisata religi yang terdapat di Malang.

Uniknya, ketika hari raya Nyepi, Pantai Balekambang bakal dikunjungi oleh tidak sedikit wisatawan melebihi ketika hari-hari biasa. Sebab, umat Hindu yang tinggal di dekat wilayah Malang mengerjakan prosesi upacara di Pura Amarta Jati yang terletak di Pulau Ismoyo, suatu pulau yang terletak di seberang pantai ini.


Wisatawan dapat menonton prosesi upacara ini sebab antara pantai dan pulau dihubungkan oleh suatu jembatan. Wisatawan dapat menonton perhelatan upacara ini dari dekat dengan tetap mengawal norma kesopanan dan menghargai masyarakat serta pemeluk agama yang sedang mengerjakan upacara tersebut. Wisatawan dapat menikmati prosesi upacara sekaligus seraya belajar ilmu pengetahuan baru akan kebiasaan dan adat istiadat masyarakat tradisional di Indonesia.

Mitos Seputar Pantai Balekambang
Pantai Balekambang termasuk dalam gugusan pantai selatan, dengan kata lain letak pantai ini yang sedang di wilayah sebelah selatan Pulau Jawa maka membuatnya masuk dalam kelompok tersebut. Sebagaimana pantai-pantai sebelah selatan lain di Pulau Jawa, Pantai Balekambang juga kaya bakal cerita-cerita mitos dan keyakinan masyarakat yang lekat dengan hal-hal mistis.

Salah satu mitos yang sangat berkembang di pantai ini ialah tentang berakhirnya hubungan asmara untuk pasangan muda yang belum menikah secara sah andai mereka datang berangjangsana bersama, Mitos lainnya ialah konon air laut Pantai Balekambang dapat menciptakan orang menjadi tahan lama muda.

Maka tidak heran bila wisatawan bakal menjumpai orang-orang yang berendam di air laut atau sekadar mengusapkan air ke wajah mereka. Tentulah ini seluruh hanyalah mitos, dengan kata lain kebenaran bakal cerita-cerita di atas berpulang berpulang pada keyakinan setiap dan tak perlu dipermasalahkan dengan serius.

No comments:

Post a Comment

Scroll to top