Formulir Kontak

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Name

Email

Message

Keindahan Pantai Bajul Mati Malang

Malang terkenal dengan tujuan wisata yang sangat ramai dengan wisatawan lokal dan asing. Selain itu, kota Batu Malang, kota yang terkenal dengan objek wisatanya seperti Jatim Park Group, yaitu Jatim 1 Park, Jatim 2 Park, Batu Night Spectacular (BNS) dan Museum Transportasi. Selain sejumlah obyek wisata yang sudah mainstream di kota Malang, masih ada objek wisata alam di Malang yang memiliki pemandangan sangat indah, yaitu pantai mati Surabaya. Memang, wisata pantai di Malang kurang menarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Malang.

Mulai dari air terjun, tebu, wisata gunung, kebun masyarakat hingga pantai berjajar di wilayah selatan yang miskin. Salah satunya adalah pantai putih yang mati. Pantai Bajul Mati, pantai di kabupaten selatan Malang, Jawa Barat memiliki keindahan yang tidak kalah dengan Pulau Sempu yang sering disebut wisata Raja Ampat Mini di Sumatera Utara.

Pantai Bajul Mati memiliki karakteristik yang mirip dengan pantai di Gunungkidul Yogyakarta, yaitu pasir putih dan batu kapur dan sekelompok gunung karang. Sebenarnya pantai Bajulmati bukanlah pantai baru, karena pantai ini sudah mulai ditemukan pada tahun 1890-an. Hanya saja tempat ini baru saja terpapar dalam beberapa tahun terakhir. Dikatakan bahwa ketika pertama kali ditemukan, pantai ini berisi buaya mati yang membuat tempat ini bernama mati (dalam bahasa Indonesia itu berarti buaya mati).



Selain keberadaan buaya mati, ada juga batu yang memiliki bentuk memanjang seperti tubuh buaya. Ketika disapu oleh ombak di malam hari, batu itu tampak seperti buaya hidup. Mendengar nama mungkin terdengar sedikit aneh, tetapi tidak dengan pemandangan yang bisa Anda nikmati di dataran pasir putih. Suasananya masih relatif sepi dibanding pantai lainnya, terutama pantai yang terletak tidak jauh dari pantai Goa Cina.

Sedikit berbeda dengan pantai-pantai lain yang mulai tercemar karena sampah dari para pengunjung, di sini masih bersih, terutama wisata pantai yang memiliki pasir putih dan dikelilingi oleh bukit-bukit berbatu. Pantai putih yang mati ini memiliki angin kencang dengan ombak yang relatif tinggi, sehingga Anda tidak disarankan untuk berenang dan hanya diperbolehkan menikmati pemandangan di sekitar pantai.

Jika Anda ingin bermain air, Anda bisa pergi ke muara sungai yang cukup tenang sehingga Anda bisa merasa lebih aman ketika bermain-main air di sekitar pantai Banyu yang terjatuh. Ya, meskipun Anda tidak bisa berenang, Anda setidaknya bisa bermain air.

Harga Tiket Masuk untuk Pantai Bajul Mati Malang

Anda bisa datang ke sini dengan membawa cukup makanan sehingga Anda tidak bingung makan. Karena di sini masih relatif sepi, tetapi di belakang pengunjung yang pendiam, pantai ini memiliki keindahan alam yang tidak dimiliki oleh tempat wisata lainnya, yang terletak di teluk yang menghiasi berbagai bagian pantai. Cukup Rp. 4000 / orang saja, Anda dapat menikmati panorama pantai tanpa memikirkan harga tiket masuk.

Lokasi & Rute Pantai Bajul Mati Malang

Dari pusat Kota Malang, Pantai Bajul Mati berjarak sekitar 58 km. Lokasi pantai ini berada di desa Gajahrejo, kecamatan Gedangan. Dalam perjalanan ke tempat ini, Anda dapat pergi ke pantai Bajul Mati selama sekitar 3 jam, dari kota Malang dengan mengambil arah ke Sumbermanjing. Setelah itu Anda akan menemukan jembatan membentuk buaya yang sudah mati dan memiliki panjang 90 meter dalam setengah lingkaran. Ukuran dan desainnya sangat artistik karena melintasi sungai yang luas, dengan pemandangan tebing dan lautan.

Rute menuju Pantai Bajul Mati dari Kota Malang sendiri cukup mudah diakses. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Jalan telah diaspal dan cukup mulus, hanya beberapa tempat yang masih sedikit berlubang. Rute menuju pakaian pantai dari kota Malang dapat dimulai dari alun-alun kota yang miskin. kemudian menuju ke area Gondang Legi melalui Jalan Mayjen Sungkono. Kemudian perjalanan dilanjutkan melalui jalan. Komandan Sudirman segera dan akan tiba di pantai mati.

Jembatan Bajul yang mati adalah salah satu jembatan yang terletak di jalan Lintas Selatan yang merupakan salah satu favorit pengunjung untuk mengambil foto. Keberadaan jalan ini dapat membantu Anda membuat patokan, jika Anda telah tiba di sini, Anda harus pergi ke pantai Bajulmati.
Dengan pemandangan yang indah dan tikungan tajam di jalan gunung, membuat perjalanan ke lokasi sangat mengasyikkan. Apalagi jika Anda melewatinya menggunakan sepeda motor.
Sesampainya di lokasi wisata, Anda akan menemukan suasana di sekitar pantai yang masih sepi. Pantai Bajulmati sangat cocok untuk digunakan sebagai tempat liburan yang sebenarnya, terutama berkemah di pantai juga merupakan pilihan yang menarik. Agar dapat terus berjalan menuju pantai ini, ini mungkin menjadi daya tarik wisata yang menarik bagi negara-negara asing.

Fasilitas Di Pantai Bajul Mati Malang

Di pantai ini ada mulut sungai yang langsung bermuara ke pantai. Pengunjung dapat menempatkan udara sebanyak yang mereka bisa. Air sungai yang agak kehijauan bertemu, pasir putih bertemu dengan air laut kebiruan dengan lokasi mulut sungai yang memiliki fenomena unik.

Apalagi jika beruntung pengunjung bisa mengikuti upacara grebeg kopat yang sering diadakan oleh penduduk sekitar pantai bajul mati di waktu-waktu tertentu. Kedepan semoga pemerintah kab. Malang lebih memperhatikan wisata-wisata pantai di kota malang yang tidak akalh indah dan menarik, seperti pantai bajul mati, pulau sempu dan pantai sendang biru.

No comments:

Post a Comment

Scroll to top