Formulir Kontak

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Name

Email

Message

Wisata Legenda Masjid Tiban Malang

Masjid Tiban Malang
Kamu niscaya pernah mendengar legenda Candi Prambanan yg konon dibangun pada semalam menjadi kondisi pinangan Bandung Bondowoso pada Roro Jonggrang. Nah bagaimana jadinya jika cerita legenda semacam ini juga ada di zaman kini  . Seperti mitos-mitos yang menyelimuti Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri’asali Fadlaailir Rahmah di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang.
Berikut ini adalah tentang Masjid Tiban Malang 

Mitos: Dibangun Pasukan Jin


Pondok pesantren dengan ribuan santri ini diliputi oleh cerita mistis yang beredar menurut verbal ke verbal. Bangunannya begitu akbar, megah, dan lebih banyak didominasi menggunakan gaya ala Timur Tengah. Kamu bisa melihat menara-menara hingga kubah dalam banyak sekali warna. Konon, konstruksi yg semewah itu dibangun oleh pasukan jin. Bahkan terdapat yang bilang apabila penduduk setempat tidak pernah tahu kapan dibangun & tiba-datang telah jadi.

Fakta: Dibangun oleh Manusia


Ternyata destinasi yg dikenal pula sebagai Masjid Tiban ini dibangun oleh tenaga insan. Hal ini pula dibenarkan sang beberapa penduduk setempat yang mengaku melihat bahan bangunan dibawa masuk ke area pondok. Memang pembangunannya nir dilakukan secara runtut dari depan ke belakang atau dari bawah ke atas. Kabarnya Kiai Ahmad selaku pengasuh pondok pesantren melakukan istikharah terlebih dahulu buat menerima petunjuk.

Mitos: Dibangun pada Semalam


Lantaran masih ada mitos yg mengungkapkan jika Masjid Tiban dibangun oleh pasukan jin sakti, maka tidak heran bila terdapat jua cerita bahwa para jin mendirikan gedung 10 lantai tadi hanya pada ketika semalam. Kisah itulah yang membuatnya dijuluki Masjid Tiban yg tiba-datang ada tanpa ada yang tahu kapan pembangunannya.

Fakta: Butuh Bertahun-tahun hingga Bisa Seperti Sekarang


Pembangunan pondok pesantren tersebut tidak dilakukan baru-baru ini. Jauh sebelum dibuka buat umum, beberapa kamar & lorong-lorong telah dibentuk. Tepatnya dimulai pada tahun 1978 sang Romo Kiai Ahmad. Pada saat sudah setengah jadi, barulah masyarakat diperbolehkan buat masuk. Apabila bertanya-tanya, kamu sanggup bertanya pada santri-santri yg ada di sini mengenai sejarahnya.

Masjid Tiban Sebagai Destinasi Wisata Religi


Kisah mengenai keterlibatan jin membuat Masjid Tiban sangat terkenal bahkan hingga ke luar Pulau Jawa. Saat ekspresi dominan liburan atau peringatan hari besar  Islam, pengunjungnya akan membludak. Kebanyakan menurut mereka datang buat berwisata religi & menikmati sebuah karya megah. Terdapat kamar-kamar & lorong yang berarsitektur indah.

No comments:

Post a Comment

Scroll to top