Formulir Kontak

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Name

Email

Message

Wisata Di Pulau Sempu Malang

A. Deskripsi Pulau Sempu Malang

Pulau Sempu adalah salah satu tujuan wisata favorit di Kota Malang yang menyimpan keindahan pemandangan alam yang luar biasa. Daya tarik Pulau Sempu terletak pada keindahan danau yang terletak tepat di tengah pulau yang terbentuk dari air laut yang masuk melalui celah-celah tebing. Pasir yang putih dan bersih semakin membuat pengunjung merasa nyaman menikmati dan menangkap keindahan Pulau Sempu.

Pulau dengan luas 877 hektar dikelola oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA). Untuk mencapai bibir danau, kita harus berjalan sekitar 2,5 km melintasi hutan lebat dan penuh lumpur. Kadang-kadang kita bahkan harus membungkuk atau melompati batang pohon yang jatuh tepat di atas jalan yang kita lalui. Di Pulau Sempu, Malang, ada beberapa tanaman seperti Bendo, Triwulan, Wadang, Ketapang, Waru Laut, dan Pandan yang bisa kita temui selama perjalanan.

B. Lokasi Obyek Wisata Pulau Sempu Malang

Lokasi Pulau Sempu ini terletak di Desa Tambak Rejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Untuk mencapai Pulau Sempu kita harus pergi ke pantai Sendang Biru sebelum menyeberang dengan perahu ke pulau Sempu. Pantai Sendang Biru dapat dijangkau menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

Jika menggunakan transportasi umum, dari terminal Arjosari naik angkot dengan kode AMG atau AG ke terminal Gadang> Kemudian dari terminal Gadang dilanjutkan dengan naik bus ke Turen> Setelah tiba di Turen, kemudian naik transportasi ke pantai Sendang Biru. Setelah tiba di pantai Sendang Biru, perjalanan dilanjutkan dengan perahu ke Pulau Sempu.

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, ada 2 rute alternatif yang dapat digunakan dari pusat kota Malang ke Sendang Biru.
  • Malang> Bululawang> Turen> Sumbermanjing Wetan> Sendang Biru> Pulau Sempu.
  • Malang> Kepanjen> Gondanglegi> Turen> Sumbermanjing Wetan> Sendang Biru> Pulau Sempu.

C. Tiket Masuk Harga Pulau Sempu Malang
  • IDR 33.000 hingga Rp 50.000 per grup.
  • Rp.20.000, - hingga Rp. 25.000, - per orang.
  • Anda juga dapat menyewa layanan Pemandu dengan biaya Rp. 100.000, - / grup
D. Kegiatan yang bisa dinikmati
  • Berenang di area laguna seluas 4 hektar dan memiliki air yang tenang.
  • Beristirahat di tepi pantai sambil menonton lumba-lumba muncul di tengah laut selatan.
  • Berkemah atau Berkemah.
  • Panjat tebing.
  • Kelilingi pulau dengan perahu sewaan.
  • Penangkapan ikan.
  • Anda juga dapat mengunjungi beberapa tempat menarik di Pulau Sempu, termasuk Pantai Waru-waru, Telaga Lele, Gua Harimau, Pantai Pasir Panjang, Pantai Pasir Kembar, dan Pantai Air Tawar.
E. Fasilitas di sekitar tempat wisata

Fasilitas umum di Pulau Sempu tidak tersedia. Ketersediaan fasilitas terdekat di pulau sempu dapat ditemukan di Pantai Sendang Biru.
  • Hotel atau Penginapan.
Memang, di sini tidak ada penginapan seperti hotel atau motel, tetapi beberapa rumah tempat tinggal atau pengelola Pulau Sempu memiliki tempat yang bisa disewa untuk penginapan. Biaya bermalam adalah sekitar Rp. 100.000. Jika Anda juga berniat tinggal di kota Malang, silakan memesan hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (dapat dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: "malang".
  • Restoran.
Di Pulau Sempu Anda tidak akan menemukan restoran. Bahkan di pantai Sendang Biru tidak banyak restoran. Jadi Anda harus membawa persediaan untuk makan dari rumah atau membeli roti dan buah-buahan.
  • Tempat parkir.
Parkirkan kendaraan Anda di tempat parkir Anda atau Anda juga dapat parkir di tempat pelelangan ikan. Namun, jika Anda ingin bermalam, disarankan untuk memarkir kendaraan di tempat parkir pos izin yang sempurna. Biaya parkir sekitar Rp. 5.000, - / mobil dan Rp. 3.000, - / sepeda motor.
  • Toilet / Kamar Mandi.
Sebelum berangkat ke Pulau Sempu, Anda harus segera pergi ke toilet atau kamar mandi yang dapat Anda temukan di sekitar Tempat Pelelangan Ikan tidak jauh dari lokasi wisata Pantai Sendang Biru, karena tidak ada toilet di Pulau Sempu.
  • Penyewaan Perahu.
Biaya menyewa perahu untuk menyeberang ke Pulau Sempu adalah sekitar Rp. 100.000, - hingga Rp. 130.000, - dengan kapasitas 10 hingga 12 orang. Jadi, pintar-pintar menawar jika Anda pergi dengan grup.

F. Tips berwisata di objek wisata Pulau Sempu Malang
  • Sebelum menuju ke tujuan wisata Anda harus mempersiapkan stamina yang pas, karena perjalanan ke Pulau Sempu benar-benar melelahkan dan menguras tenaga. Setelah turun dari kapal Anda melalui jalan selama sekitar 2-3 jam untuk sampai ke lokasi wisata.
  • Kenakan sepatu atau alas kaki yang sesuai karena beberapa medan atau jalan cukup licin dan berlumpur, terutama setelah hujan.
  • Ketika pergi ke pulau, kita harus melengkapi persediaan makanan, terutama air minum terlebih dahulu. Karena selain tidak ada penjual makanan, juga tidak ada sumber air tawar di Pulau Sempu.
  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Sempu adalah selama musim kemarau, karena pada musim hujan jalur akan dipenuhi lumpur, sehingga sulit untuk melakukan perjalanan.
  • Perlu diingat bahwa Pulau Sempu adalah cagar alam dan bukan hanya tempat liburan, jadi Anda perlu membuat janji sebelum melakukan perjalanan ke Pulau Sempu. Sebelum melakukan aktivitas apa pun di Pulau Sempu, Anda harus memiliki izin masuk khusus untuk kawasan konservasi kepada petugas setempat dan izin ini biasanya merupakan persyaratan untuk penyewaan perahu.
  • Jika ingin berkemah, pastikan ketersediaan logistik, makanan dan minuman, telah terpenuhi, terutama air mineral karena tidak ada sumber air tawar. Selain itu, Anda juga harus mendaftar di pos cagar alam di Pantai Sendang Biru untuk mendapatkan izin berkemah.
  • Cara termudah untuk mendapatkan izin memasuki Pulau Sempu adalah pergi ke kantor Kawasan Konservasi Pulau Sempu. Lokasinya tidak jauh dari area parkir kendaraan di area Pantai Sendang Biru. Ini adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam di kawasan ini. Dengan mengantongi izin, Anda dapat melakukan perjalanan ke objek wisata Pulau Sempu dengan menyewa perahu nelayan.
  • Cara terbaik menikmati wisata Pulau Sempu dalam sehari adalah memulai perjalanan pagi. Jika pengunjung hanya ingin menikmati keindahan pulau Sempu dalam sehari, maka bersiaplah untuk memulai perjalanan pada pukul 3:00 atau 04:00 WIB.
  • Bagi pengunjung yang belum pernah mengunjungi pulau sama sekali, disarankan untuk menyewa Pemandu, yang akan memandu Anda ke Segara Anakan. Biaya untuk Panduan (PP) adalah Rp. 70.000 hingga Rp. 100.000.

No comments:

Post a Comment

Scroll to top