Formulir Kontak

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Name

Email

Message

Kisah Patung Sura Dan Buaya Ikon Surabaya

Jika Monas menjadi ikon Ibukota Jakarta, Nah, Surabaya juga memiliki ikon yang menjadi landmark Kota Pahlawan, Patung Sura (hiu) dan Buaya (paruh baya). Mengapa Sura dan Patung Buaya menjadi ikon Kota dengan sebutan "Kota Pahlawan"? Nah, inilah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Kisah Sura dan Patung Buaya, Ikon Surabaya yang penuh legenda cerita rakyat.

Sejarah Patung Sura dan Buaya

Lokasi Sura dan Patung Buaya berada di depan Kebun Binatang Surabaya atau tepatnya terletak di Jalan Diponegoro, Darmo, Wonokromo, Surabaya. Kisah tentang Patung Sura dan Buaya, Ikon Surabaya tidak dapat dipisahkan dari Folklore yang menarik untuk didengarkan. Konon, di lautan yang luas, ada perkelahian antara Hiu dan Buaya yang membuat Hiu lelah dan membuat kesepakatan untuk membagi daerah itu dengan Buaya, lautan untuk Hiu dan Tanah untuk Buaya.

Ingin mempelajari sejarah tentang kota surabaya secara utuh dan lengkap, silahkan klik disini.

Namun, karena ikan dalam beban kelelahan, hiu mencari mangsa di sungai yang merupakan wilayah kekuasaan buaya. Buaya yang tahu itu marah dengan hiu dan akhirnya pertarungan dimulai lagi. Hiu menggigit ekor buaya dan buaya menggigit ekor hiu hampir putus. Pertarungan berakhir ketika Hiu kembali ke laut dan Buaya tetap di daratan mempertahankan kekuatan mereka.

Arti Simbol dari Sura dan Patung Buaya

Terlepas dari cerita rakyat tentang perkelahian Hiu dan Buaya. Patung Sura dan Buaya darmo di Jawa Timur adalah simbol kota Surabaya. Ikan Sura (hiu) dan Baya (buaya) adalah simbol dari sifat pemberani pemuda Surabaya yang tidak takut menghadapi bahaya.
Makna simbolik dari Sura dan Patung Buaya

Patung Sura dan Buaya ini berada di depan KBS (Kebun Binatang Surabaya) yang memiliki arti berbeda selain legenda cerita rakyat. Kata "Surabaya" diyakini memiliki makna filosofis yang "berkelahi". Kata "Surabaya" berasal dari kata sura yang berarti "aman" dan tengah berarti "bahaya", sehingga arti Surabaya Surviving from Danger. Bahaya yang dimaksud adalah untuk bertahan dari serangan tentara Tar-Tar yang berhasil dikalahkan oleh Raden Wijaya di mana hari kemenangan ditetapkan sebagai hari jadi Kota Surabaya.

Patung Sura dan buaya kota di Jawa Timur Sby 60241 (di depan Kebun Binatang Surabaya), adalah tempat di mana ikon Surabaya didirikan. Patung ini dibangun menggunakan bahan dasar semen, pasir dan bata. Jika Anda melihat lebih dekat, sebenarnya ikon kota terbesar kedua di Indonesia mungkin tampak cukup sederhana. Ini karena tidak adanya ornamen yang menghiasi patung di sekitarnya. Dan bahkan, mungkin patung ini bukanlah patung dari seniman yang memiliki selera artistik yang tinggi. Namun, sebenarnya pembuat Sura dan Buaya Patung adalah Sigit Margono yang merupakan seniman patung dan dosen di Wilwatika Arts College (STKW) Surabaya.
Fungsi Patung Sura dan Buaya

Mungkin tidak ada yang menarik tentang patung yang dibangun untuk menghias gerbang masuk Kebun Binatang Surabaya. Namun, sebenarnya patung ini adalah ikon dan landmark Surabaya. Bahkan, banyak film yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi syuting hanya untuk menunjukkan bahwa mereka benar-benar telah berada di Surabaya.

Patung ini juga digunakan oleh wisatawan domestik dan asing untuk digunakan sebagai tempat foto. Bahkan, ada pendapat yang mengatakan bahwa kecil kemungkinan jika Anda belum melakukan foto dengan Sura dan Patung Buaya saat berada di Surabaya.

Lokasi Patung Ikan Sura dan Buaya

Selain Darmo yang merupakan alamat patung Sura dan Buaya, ada 2 lokasi lain dimana Patung Sura dan Buaya berada. Yang pertama adalah di Sungai Kalimas, di Skate Park and Board, di Jalan Ketabang Kali dan yang kedua adalah di Bundaran Jalan Tanjung Priok.

Nah, bukan hanya Kisah Sura dan Patung Buaya, Ikon Surabaya yang legendaris, ada banyak tempat wisata lain yang bisa Anda temukan di Surabaya, seperti; Jembatan Suramadu, Ciputra Waterpark, Wisata Mangrove Wonorejo, Monumen Kapal Selam, Tugu Pahlawan dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk Kebun Binatang Surabaya (KBS) tempat Patung Sura dan Buaya, Ikon Surabaya berada.

Bagi Anda yang berasal dari luar kota, jangan khawatir, ada banyak maskapai ke Bandara Internasional Juanda Surabaya, seperti Lion Air, Citilink, Sriwijaya Air, Batik Air, Air Asia dan maskapai lainnya. Jangan khawatir tentang harga tiket, karena ada banyak tiket pesawat murah dan promo ke Surabaya. Nah, tunggu apa lagi, ayo rencanakan perjalanan Anda bersama teman dan keluarga tercinta Anda ke Kota Pahlawan. Selamat bepergian!

No comments:

Post a Comment

Scroll to top