Formulir Kontak

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Name

Email

Message

9 Tempat Wisata Di Gunung Bromo Yang Wajib Anda Tahu

Wisata Gunung Bromo Jawa Timur adalah salah satu tempat wisata di Indonesia yang merupakan favorit bagi wisatawan baik dalam negeri maupun dari luar negeri. Tidak hanya pemandangan matahari terbit daya tari utama Gunung Bromo, tetapi ada banyak objek wisata di sekitar Bromo yang jarang dieksplorasi oleh wisatawan. Uniknya, berbagai tempat wisata untuk mengunjunginya memerlukan kendaraan tipe 4 wd, yaitu land cruiser, hartop atau jeep Toyota.

Tempat-tempat wisata yang menarik di Bromo ini sering diabaikan karena umumnya pengunjung hanya mengunjungi 4 lokasi umum seperti Gunung Penanjakan untuk melihat matahari terbit, kawah Bromo, padang rumput savanah da dan bukit teletubies. Kali ini saya akan membuat artikel lengkap tentang tempat dan atraksi yang harus Anda kunjungi jika Anda berlibur ke Gunung Bromo. Sangat disayangkan bahwa Anda telah memilih Bromo untuk liburan panjang tetapi banyak tempat wisata yang Anda lewatkan.

Daftar tempat wisata di Bromo yang wajib Anda kunjungi

1. Memanjat 1

Penanjakan 1 adalah tempat tertinggi di kawasan Taman Nasional Bromo. Merupakan lokasi untuk melihat keindahan matahari terbit atau melihat matahari terbit. Terletak di sebelah barat Pegunungan Tengger dan untuk mencapai Gunung Penanjakan 1, pengunjung harus menggunakan kendaraan jip atau Hartop, mengingat bahwa ada cukup banyak tikungan tajam dan curam. Alternatifnya adalah jika Anda tidak menyewa hartop menggunakan sepeda motor, tetapi jangan menggunakan kendaraan matic. Selain itu, untuk menuju Penanjakan 1 harus lebih awal, yaitu sekitar jam 3 pagi, usahakan jangan sampai terlambat karena titik pandang terbaik di Bromo adalah tempat favorit bagi pengunjung untuk melihat keindahan matahari terbit dari Bromo dibandingkan dengan Penanjakan 2.

2. Memanjat 2

Gunung Penanjakan 2 adalah alternatif untuk melihat keindahan matahari terbit di Bromo, Anda yang pergi ke Bromo melalui rute probolinggo dapat memilih alternatif Bukit Penanjakan 2 atau View Point Seruni untuk menyambut matahari terbit. Meski lokasinya lebih rendah dari Penanjakan 1, pemandangannya juga menarik. Untuk di sini, Anda tidak perlu menyewa jip. Karena itu dapat dengan mudah diakses oleh kendaraan beroda dua atau kendaraan beroda 4 biasa.
Iklan

Pada bulan-bulan tertentu di bulan seperti September hingga Mei (musim hujan) pendakian 2 memiliki pemandangan yang sangat indah, lokasi terbitnya matahari terbit di sebelah timur para pengunjung. Tetapi jika sudah memasuki musim kemarau matahari terbit agak lambat, dan saya sarankan pindah ke tempat pendakian 1.

3. Savana Grassland

The Savana Bromo Meadow, sebuah tempat yang terletak di tenggara Gunung Bromo, terletak di lembah hijau yang dikelilingi oleh tebing yang menjulang tinggi dan beberapa pegunungan gunung kecil. The Bromo Grassland sangat luas, jika Anda datang ke Savanah Anda akan merasa seolah-olah Anda tidak berada di Gunung Bromo.

Sangat kontras! karena jalur untuk mencapai savana adalah Laut Pasir yang tandus, tetapi ketika Anda memasuki rimput ini Anda akan disuguhi pemandangan hijau yang dikelilingi oleh perbukitan yang menambah keindahan tempat wisata ini. Terletak di lembah Jemplang, akses termudah untuk datang ke sini ketika menggunakan kendaraan biasa atau sepeda motor adalah melalui Malang atau melalui Lumajang.

4. Mentigen Hill

Selain Penanjakan 1 dan pendakian 2 di atas, alternatif ketiga adalah melihat matahari terbit dari Bukit Mentigen. Di sini, pengunjung bisa berjalan dari penginapan / homestay / villa atau area hotel di daerah kuburan probolinggo. Meski jumlahnya tidak terlalu tinggi tetapi bisa menjadi alternatif terbaik jika Anda pergi ke backpacker ala Bromo, jangan membawa kendaraan Anda sendiri baik yang beroda 4 atau 2 roda. Jalan ini tidak jauh dari fir lawang. Lokasinya tepat di sebelah timur hotel Lava View Bromo.

5. Teletubies Hill

Tidak lengkap rasanya jika Anda berlibur ke Gunung Bromo tanpa mengunjungi Bukit Teletubies. Terletak di sebelah selatan Gunung Bromo dan satu rute ke Savana Grassland. Ini adalah gunung kecil pegunungan yang sangat indah yang ditutupi dengan rumput gunung khas seolah-olah membawa Anda ke film teletubik. Jadi tidak salah jika suku tengger berkisah menyebutnya Teletubies Hill.

6. Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura adalah salah satu tempat wisata di kawasan Gunung Bromo, tepatnya di Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo, untuk mencapai tempat wisata ini dapat dilakukan dari arah Probolinggo Tongas ke Gunung Bromo, akses perjalanan baik untuk Kendaraan roda 4 dan roda 2. Dengan harga tiket masuk yang murah, turis dapat disuguhi pemandangan yang menakjubkan.

Air Terjun Madakaripura memiliki ketinggian sekitar 200 meter. Tepat di bawah kaki Gunung Bromo tempat ini memiliki banyak pengunjung, para pengunjung yang datang ke tempat ini tidak hanya dari wisatawan lokal tetapi banyak wisatawan asing yang mengunjungi Madakaripura.

7. B 29 Argosari

B 29 Argosari adalah salah satu tempat berkemah favorit di Bromo. Tempat wisata yang satu ini memang cukup asing bagi pengunjung Bromo. Tempat ini adalah puncak tertinggi di kawasan Wisata Gunung Bromo, lebih tinggi dari penyempurnaan 1. Sehingga udara dingin dengan pemandangan yang sangat indah dan ditambah bentangan tanaman khas dari dataran tinggi membuat kawasan wisata ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Lokasi wisata ini berada di daerah desa Argosari, kec. Senduro berjarak sekitar 40 Km dari kota Lumajang. Untuk menuju ke B 29, akses yang paling mudah adalah melalui Senduro Lumajang (jalur selatan), tetapi Anda dapat menggunakan jasa sewa hartop melalui pegunungan timurnya, distrik SUkapura. Bagi mereka yang menyukai motor cross, sangat cocok untuk bertualang ke tempat ini, di samping medan pegunungan yang menantang khas, tentu saja pemandangan sepanjang rute yang sangat alami akan menghiasi perjalanan Anda.

8. Bromo Milky Way

Bromo Bima Sakti hanya dapat diperoleh pada malam hari, yaitu dengan pergi ke tempat-tempat tertentu yang cocok untuk berburu klaster bintang di malam hari. Jangan lupa siapkan kamera yang bagus jika Anda tertarik untuk melihat bromo Bima Sakti ini. Alasan mengapa bromo Bima Sakti ini sangat menarik dan sempurna adalah karena salah satu syarat untuk mendapatkan Bima Sakti yang terbaik adalah jauh dari sorotan lampu-lampu kota atau dalam keadaan gelap sempurna, tanpa awan mendung dan perhitungan yang tepat untuk berburu bima cara (harus menggunakan perangkat lunak stellarium)

Bromo Milky Way adalah tren baru sekitar 2013 - 2014, karena seorang turis asing yang diunggah di youtube dengan cara Bimasakti Gunung Bromo. Sejak itu pecinta fotografi dari berbagai belahan dunia juga berburu foto-foto galaksi Bima Sakti dari Gunung Bromo. Waktu terbaik untuk berburu Bromo Milky Way adalah selama musim kemarau, yang dimulai dari Mei hingga September, karena langit akan sangat cerah seiring dengan musim kemarau.

9. Pasir Berbisik

Whispering Sand adalah salah satu lokasi di area laut pasir bromo terpisah dari Penanjakan, Kawah Gunung Bromo dan Savanna, awal berbisik pasir adalah tempat di mana lautan pasir memiliki angin yang khas mendesis ketika ada angin. Dari sini masyarakat atau wisatawan menyebut tempat ini Whispering Sand.

Pasir yang berbisik atau Lautan Pasir tidak dimiliki oleh gunung berapi kecuali hanya satu yang adalah Gunung Bromo. Pemandangan yang memukau di Gunung Bromo ini, selain mampu melihat hamparan lautan pasir, juga terselip ke dalam pemandangan lereng Kalendra sebagai penghalang ke lautan pasir dengan hutan Gunung Bromo sebagai melengkapi keindahan mata kita.

No comments:

Post a Comment

Scroll to top